ITWASDA Polda Sulsel Lakukan Sosialisasi Aplikasi DUMAS Presisi

  


GOWA - Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dalam hal ini ITWASDA Polda Sulsel terus melakukan sosialisasi Aplikasi Pengaduan Masyarakat (DUMAS) Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan (Presisi).


Sebelumnya aplikasi DUMAS Presisi telah resmi diluncurkan oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo beberapa waktu lalu di Mabes Polri, Jakarta. Layanan pengaduan masyarakat terintegrasi tersebut diluncurkan sebagai wujud transparansi dan penanganan keluhan bagi masyarakat luas.


Irwasda Polda Sulsel Kombes Pol Ai Afriandi S.H.,S.I.K.,M.M. kembali menekankan manfaat dari inovasi Polri yang dituangkan melalui Aplikasi DUMAS Presisi.


Melalui aplikasi ini, masyarakat tidak perlu lagi harus datang ke Kantor Polisi untuk menyampaikan pengaduan, karena sejumlah Polda dan Polres se Indonesia telah menyediakan Aplikasi DUMAS) Presisi yang dapat diunduh di App Store / Google Play Store di smartphone masing-masing.

Sehhingga masyarakat lebih mudah menyampaikan laporan secara online.


Menurutnya, selain memudahkan masyarakat dalam membuat laporan, melalui Aplikasi DUMAS Presisi masyarakat juga bisa melakukan pelaporan kinerja anggota Polisi.


“Aplikasi DUMAS Presisi menjadi bagian transparansi Polri dan handling complaint masyarakat luas. Memudahkan masyarakat dalam melaporkan hal-hal yang terkait dengan kinerja Polri dan anggota Polri,” kata Irwasda Polda Sulsel.


Meski semakin mudah membuat laporan, namun perlu diperhatikan pula bahwa segala laporan yang diterima dari masyarakat akan diklarifikasi terlebih dahulu melalui sejumlah tahapan.


Contohnya terkait kelengkapan identitas pelapor.


Ini adalah langkah untuk menghindari orang-orang tidak bertanggungjawab sembarangan membuat laporan palsu atau laporan bohong.


“Kalau identitas tidak terpenuhi tidak bisa masuk tahap kedua. Semuanya harus bisa terklarifikasi,” ujarnya.


Aplikasi DUMAS Presisi juga dibuat agar mampu menjadi alat penyalur yang efektif bagi warga untuk bisa mengetahui sejauh mana perkembangan penanganan kasus yang dilaporkan masyarakat.


Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di aula Endra dharmalaksana diikuti oleh satker pada Reskrim, Narkoba, Siwas, Sie Propam dan para operator dumas se Makassar Raya di antaranya Polrestabes Makassar, Polres Maros, Polres Pelabuhan dan Polres Gowa.


Ketua Tim Sosialisasi Iptu Siri Aminah SH didampingi Kasiwas Polres Gowa Ipda Syarifuddin SH dalam arahannya mengatakan, kedatangan tim dalam kegiatan ini untuk mensosialisasikan aplikasi Dumas Presisi yang resmi diluncurkan oleh Kapolri beberapa waktu lalu sekaligus untuk melakukan supervisi tentang pengaduan masyarakat, jelasnya

Belum ada Komentar untuk "ITWASDA Polda Sulsel Lakukan Sosialisasi Aplikasi DUMAS Presisi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel